Skip to main content

follow us

Terminal Bungurasih Yang Nyaman

Pemandangan apa yang bisa kita saksikan ketika berada disebuah terminal bus? sudah menjadi rahasia umum, jika terminal bus itu semrawut, jauh dari suasana rapi, tertib dan biasanya juga jorok menjadi pemandangan yang seakan-akan mau tidak mau harus kita nikmati. Di tambah lagi dengan ketidaknyaman dengan keberadaan calo, preman-preman yang juga seolah-olah menjadi warga atau pemilik terminal bus. Hal ini juga dirasakan penulis ketika berada di terminal bus dibeberapa kota di Jawa.

Tapi pemadangan dan situasi yang tergambar diatas tidak berlaku di terminal bus Bungurasih Surabaya. Sepengetahuan saya, terminal terbesar di pulau jawa dan konon katanya terbesar se Asia Tenggara tersebut, suasananya begitu tertata dengan rapi dan menyediakan berbagai fasilitas yang nyaman dan dapat dinikmati oleh para calon penumpang.

Dengan ruang tunggu penumpang yang terdiri dari dua lantai, dan untuk naik ke lantai dua penumpang tidak perlu repot-repot untuk menapaki anak tangga, karena sudah ada fasilitas eskalator yang memudahkan penumpang untuk menaiki lantai dua, terutama penumpang yang membawa barang banyak. Selain itu, para calon penumpang juga dapat memilih naik ke lantai dua dengan menggunakan jalan tanpa tangga, terutama bagi penumpang yang memiliki keterbatasan fisik.

Dengan ruang tunggu yang begitu luas, baik dilantai satu maupun lantai dua membuat penumpang menjadi sangat leluasa dan nyaman untuk menunggu kedatangan bus tujuannya, atau sekedar melepas lelah untuk melanjutkan perjalanan. Baik dilantai satu maupun lantai dua terdapat beberapa warung kopi, minimarket, cafe untuk menikmati makanan dan minuman bagi yang kebetulan tidak membawa bekal perjalanan. Fasilitas lainnya, yang jarang kita temui diterminal lainnya adalah sudut baca, bagi para penumpang yang senang membaca mungkin bisa memanfaatkan ruangan baca tersebut.

Terminal bungurasih juga didesain sangat ramah bagi para disabilitas, misalnya sepanjang jalan menuju ruang tunggu lantainya sudah memiliki fasilitas untuk disabiltas. Tersedia juga banyak toilet dan tempat sholat (Mushola) yang bersih, tidak kotor meskipun untuk menggunakan toilet dikenakan biaya Rp. 2.000,-.

Selain berbagai fasilitas tersebut, petugas di terminal Bungurasih juga sangat sigap dalam melayani penumpang, mereka melayani dengan ramah setiap ada penumpang yang menanyakan lokasi bus yang sesuai dengan tujuannya. Selain itu petugas juga sangat tegas terhadap para calo penumpang, yang memang kerap kali membuat tidak nyaman bagi penumpang, karena sering memaksa penumpang untuk menaiki bus dan mengenakan tarif yang tidak wajar atau lebih mahal.

Untuk menghindari calo, dan tertipu dengan harga tiket bus atau tarif bus, penumpang dapat bertanya langsung kepada petugas melalui desk informasi yang terletak dipojok pintu masuk menuju ruang tunggu. Selain itu, penumpang juga dapat bertanya kepada petugas yang sedang berjaga di berbagai titik dengan menggunakan seragam Dishub.

Bagi penumpang yang mau menuju ke bandara juanda surabaya, dapat memanfaatkan bus Damri yang khusus melayani tujuan bandara juanda baik diterminal satu maupun ke terminal dua, lokasi Bus Dammri Bandara persis disebelah kanan tempat pemberhentian bus yang baru datang dari luar kota, tinggal menuju arah kanan 3 meter, disitu terparkir beberapa bus Damri yang siap menghantarkan anda ke Bandara Juanda.

You Might Also Like:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar