follow us

Wisata Alam dan Religi Umbulrejo yang Asri dan Kejernihan Air yang Menawan

Perpaduan antara wisata alam dan religi coba dirintis oleh Pemerintah Desa Maguan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang. Menyadari adanya potensi alam berupa sumber mata air yang besar yang selama ini dipergunakan untuk keperluan sehari-hari seperti air minum dan keperluan rumah tangga lainnya. Sumber mata air yang terkenal dengan sungai umbulan ini, konon dipercaya oleh masyarakat setempat memiliki keistimewaan yang mana hanya dengan mandi disungai ini akan menjadi "awet muda". Tidak hanya masyarakat setempat tetapi keistimewaan sungai umbulan ini juga sudah terkenal daerah sekitarnya diluar desa Maguan.

Tidak sedikit pengunjung dari luar daerah yang mengunjungi sungai umbulan karena memiliki hajat tertentu, bagi mereka yang mempercayai dengan mandi disungai ini keinginannya akan cepat terkabul seperti ingin mendapat pekerjaan, naik pangkat dan lain-lain. Dan biasanya setelah keinginan terkabul pengunjung akan melakukan selamatan.

Terlepas dari kepercayaan yang berbau mistis tersebut, sungai umbulan merupakan potensi desa yang jika dikelola dapat menjadi lokasi wisata alam yang menjanjikan. Tempat yang asri karena terletak ditengah renrindangan pohon yang masih alami meskipun berada didekat perkampungan penduduk. Sumbermata air yang jernih dan terus mengalir belum tercemari terkesan masih sangat alami.

Menyadari hal tersebut, pemerintah desa Maguan mulai mengembangkan potensi wisata alam tersebut. Saat ini untuk meningkatkan daya tarik sungai umbulan telah dibangun sebuah kolam renang meskipun baru untuk anak-anak dan terus ada pengembangan. Pembangunan tempat wisata sendiri merupakan kebijakan pemerintah desa Maguan, untuk pengembangan wisata tersebut telah pemerintah desa Maguan telah menganggarkan sebesar Rp. 197 juta yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Dengan adanya kolam renang ternyata sudah mampu meningkatkan jumlah pengunjung, menurut salah satu warga desa setelah adanya kolam renang tersebut jumlah pengunjung rata-rata setiap harinya mencapai 100 orang apalagi kalau hari libur jumlah pengunjungnya akan sangat banyak. Saat ini pembangunan fasilitas lainnya sebagai penunjang kolam renang sedang dikerjakan.



Karena fasilitas yang belum lengkap, maka sampai saat ini tempat wisata yang berjarak kurang lebih 35 Km dari pusat kota Malang masih gratis pengunjung hanya dikenakan biaya untuk parkir baik untuk kendaraan roda 2 maupun roda 4. Akan tetapi pihak pemdes sendiri tidak menolak jika ada pengunjung yang mau memberikan uang, pengelola menyediakan tempat tersediri bagi pengunjung yang berniat untuk memberikan uang yang jelas tidak ada paksaan sama sekali.

Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi pengunjung, wisata yang murah meriah dengan pemandangan yang memanjakan mata. Pengunjung dapat menyaksikan bagaimana kejernihan sumbermata air pegunungan dan juga yang tidak kalah menarik aktivitas warga masyarakat setempat yang melakukan kegiatan mencuci disungai menjadi pemandangan yang cukup indah yang membawa pengunjung pada suasana masa lampau.

Selain itu untuk mengobati rasa lapar dan haus, pengunjung tidak perlu khawatir karena dilokasi wisata tersebut sudah ada penjual makanan dan minuman. Beberapa kios makanan dan minuman yang dikelola oleh warga sekitar. Suasana yang rindang dan sejuk, sangat cocok untuk menikmati segelas kopi sambil ngobrol dan menikmati pemdangan air yang jernih.



Selain wisata alam, disumbermata air umbulrejo juga terdapat tempat semacam bangunan makam yang biasa dipergunakan oleh pengunjung untuk melakukan ritual bagi pengunjung yang memiliki hajat atau keinginan. Bangunan kecil tersebut ditunggu oleh Juru kunci, bagi pengunjung yang berkeinginan mengirimkan do'a atau berhajat ditempat tersebut diharuskan menghubungi juru kunci. Menurut cerita, tempat berdo'a tersebut ramai dikunjungi pada waktu-waktu tertentu saja seperti pada malam 1 syawal ramai pengunjung untuk mandi dan berdo'a. Sedangkan sebelum 1 Muharam biasanya ada acara bersih desa.

Jika anda menyukai wisata-wisata alam tidak ada salahnya anda mencoba lokasi wisata ini, dijamin anda akan dapat menikmati keindahan nuansa alami pedesaan dengan sumbermata air yang jernih, keasriannya sangat cocok untuk melepas penat dan lelah bagi anda yang memiliki kesibukan berkerja dikota.

Lokasinya sangat mudah dijangkau, jika anda yang berasal dari kota malang waktu yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 2 jam apalagi kalau menggunakan kendaraan pribadi akan lebih cepat. Dari malang arah ke Kepanjen, sampai pada pertigaan Talangagung belok ke kanan lurus arah ke Gunung Kawi, nanti ada pertigaan Ngajum ambil arah ke kanan dan lurus sekitar sentengah jam akan sampai pada lokasi.
Disclaimer: Tulisan-tulisan yang ada di blog ini merupakan pendapat pribadi, bukan mewakili lembaga manapun. silahkan mencuplik, mengutip tulisan (opini) yang ada di blog ini tapi sebelumnya harus konfirmasi melalui email : dakelan.tb@gmail.com atau di nomer 081332025450 (WA Only).

Baca Artikel Lainnya:

Newest Post