follow us

Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI

Setiap bulan agustus kita selalu saksikan bagaimana suka cita warga negara ini, berbagai perlombaan diadakan untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Mulai dari lomba gerak jalan, karnaval yang biasanya menampilkan kesenian dari berbagai daerah, show pakaian adat budaya bangsa ini, dan berbagai lomba kreatif lainnya.

Kampung-kampung hampir dipelosok negeri ini mulai dihias dengan berbagai atribut dan simbol-simbol negara ini, mulai dari bendera Merah Putih, lampu-lampu hias kita juga bisa lihat gapura-gapura dan pos ronda dicat dengan warna merah putih yang merupakan simbol bendera kita. Semua ini merupakan wujud syukur warga negara atas kemerdekaan yang telah diraih atau syukur telah keluar dari masa penjajahan 350 tahun. Semua itu dilakukan dengan sukarela, warga rela untuk iuran demi terlaksananya kegiatan-kegiatan dikampung tersebut.

Tidak hanya itu, ada tradisi unik yang dilakukan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan, yaitu tradisi malam tirakatan yang dilakukan malam menjelang tanggal 17 Agustus. Tirakatan ini biasanya dilakukan dikampung-kampung dengan bentuk selametan bersama, setiap warga akan membawa makanan bisa berupa nasi, atau kue yang dibawa atau dikumpulkan dilapangan desa kemudian secara makanan tersebut akan dimakan secara bersama-sama, namun sebelum itu biasanya akan didahului dengan refleksi bersama tentang perjuangan dari para pahlawan dalam meraih kemerdekaan dan kemudian dilanjutkan do'a bersama baru kemudian acara makan-makan yang biasanya juga diiringi dengan hiburan.



Bulan Agustus merupakan bulan istimewa bagi bangsa Indonesia, karena pada bulan ini kemerdekaan bangsa Indonesia diproklamirkan oleh Presiden Soekarno tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945. Karena itulah setiap tanggal 17 agustus selalu diperingati sebagai hari kemerdekaan, lalu apa sih sebenarnya tujuan memperingati hari kemerdekaan.

Dengan memperingati hari kemerdekaan paling tidak kita sebagai anak bangsa akan terus mengingat perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk berjuang demi kemerdekaan bangsa ini. Berikutnya dengan peringatan hari kemerdekaan juga akan terus memupuk semangat nasionalisme warga negara, karena ternyata untuk memperoleh kemerdekaan tidak mudah ratusan tahun pendahulu kita terus berjuang untuk memperoleh kemerdekaan.

Tidak hanya perjuangan secara fisik melalui pertempuran, untuk memperoleh kemerdekaan para tokoh bangsa ini juga melakukan perjuangan politik seperti melakukan diplomasi, membentuk serikat atau organisasi seperti organisasi Budi Oetomo yang dibentuk oleh para pemuda sebagai wadah untuk berjuang secara politik untuk mendapatkan kemerdekaan.

Untuk memperoleh kemerdekaan tidak cukup dengan perjuangan atau jalan pertempuran, tetapi jalan diplomasi juga memiliki peran yang cukup besar, karena pengakuan negara lain bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang berdaulat juga sangat penting. Seperti yang dilakukan oleh KH. Agus Salim yang melakukan diplomasi politik keluar negeri untuk memperoleh dukungan dan pengakuan dari negara-negara lain.

Setidaknya itulah mengapa kita perlu untuk terus memperingati hari kemerdekaan ini, yang mendasar adalah supaya kita sebagai anak bangsa ini dapat meneruskan apa yang telah diraih dan dicita-citakan oleh para pahlawan kita. Tugas berat kita adalah bagaimana mengisi kemerdekaan ini supaya negara ini menjadi negara yang makmur, merdeka dari kemiskinan, mampu bersaing dengan negara lainnya. Memperingati hari kemerdekaan sebagai ritual tahunan cukup penting, akan tetapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana kita memberikan sumbangsih kepada bangsa ini sesuai dengan kemapuan dan kapasitas yang kita miliki.
Disclaimer: Tulisan-tulisan yang ada di blog ini merupakan pendapat pribadi, bukan mewakili lembaga manapun. silahkan mencuplik, mengutip tulisan (opini) yang ada di blog ini tapi sebelumnya harus konfirmasi melalui email : dakelan.tb@gmail.com atau di nomer 081332025450 (WA Only).

Baca Artikel Lainnya: