follow us

Pasar Sore Nasibmu Kini, Wisata Kulinernya Yang Tetap Menarik

Pasar sore begitu terkenal bagi warga Tuban, pasar yang terletak disebelah utara alun-alun tuban ini dulu selalu ramai dikunjungi oleh warga yang kebetulan mau berbelanja pakaian. Karena pasar sore merupakan tempat menjual berbagai jenis pakaian dengan harga yang sangat murah, selain itu letaknya juga bersebelahan dengan pantai boom yang juga sangat terkenal. Jadi selain berbelanja biasanya pengunjung pasar sore sekalian jalan-jalan ke pantai boom untuk sekedar melihat keindahan sunsite. Selain harga pakaian yang murah dan letaknya dekat dengan pusat wisata, pasar sore yang mulai buka pada sore hari menjadi keistimewaan tersendiri karena biasanya orang setelah paginya sibuk berkerja sore dapat jalan-jalan berbelanja.

Menjelang malam hari, area sekitar pasar sore tepatnya dibelakang pos polisi berubah menjadi deretan warung makan yang menyediakan berbagai jenis makanan dengan rasa khas tuban pedas dan asin. Warung-warung ini buka mulai sekitar jam 7 malam sampai jam 3 pagi sehingga sangat cocok bagi anda yang sedang berkunjung ke Tuban dan butuh makan malam atau sekedar ngopi bisa setiap saat.



Warung-warung makan banyak menyediakan makanan yang dimasak dengan rasa khas Tuban, seperti nasi lodeh, kare ayam, cumi-cumi, mangut ikan Pari yang terkenal pedasnya. Untuk minuman kita bisa memesan es teh, es jeruk dan tentu saja kopi juga tersedia. Selain rasanya yang sesuai dengan lidah kita, tentu tidak kalah menariknya adalah harganya yang juga ramah dengan dompet. Karena rasa dan harga yang sesuai, tidak heran kalau kuliner pasar sore ini menjadi jujugan bagi warga Tuban dari berbagai kalangan. Apalagi jika waktunya ziarah makam wali, sepanjang warung akan penuh sesak orang makan biasanya peziarah makam Sunan Bonang akan menyempatkan untuk mencicipi masakan khas Tuban yang terkenal tersebut.

Wisata kuliner pasar sore, seakan sudah melengenda sejak 10 tahun yang lalu sewaktu saya masih sekolah menengah atas sudah menjadi langganan untuk makan malam atau sekedar jalan-jalan karena lokasinya berdekatan dengan Alun-alun Tuban. Apalagi sekarang alun-alun Tuban kalau malam minggu dibuka untuk umum sehingga semakin ramai pengunjung dan juga semakin membuat ramai deretan warung dipasar sore.



Sayangnya pasar sore yang dulu sempat booming sebagai tempat belanja pakaian murah meriah kini sepertinya tinggal kenangan, kondisinya sudah sangat sepi tidak seperti 10 tahun yang lalu yang menjadi idola tempat belanja baik anak-anak muda maupun kalangan orang tua. Dengan berdirinya beberapa pusat perbelanjaan di Tuban mungkin menjadi salah satu sebab sepinya pasar sore. Sebab di pusat perbelanjaan yang ada saat ini juga menyediakan berbagai macam jenis pakaian, terutama pakaian-pakaian yang bermerk. Selain memang ada tren berbelanja online, jadi orang untuk beli pakaian tidak perlu datang ke pasar, cukup dengan menggunakan gadget barang sudah sampai dirumah.


Banyak bedak-bedak yang terpaksa tutup karena sepinya pengunjung yang menjadikan pedagang merugi dan akhirnya menutup jualannya. Waktu dulu kalau menjelang hari raya, pasar sore biasanya akan sangt ramai sekali pengunjung yang datang untuk membeli pakaian keperluan hari raya Idul Fitri, kalau sekarang menjelang Idul Fitri supermarketlah yang ramai karena sekalian bisa berbelanja kue lebaran dan baju lebaran disatu tempat, mungkin itulah pertimbangan banyak orang saat ini.

Saat ini yang masih ramai wisata kulinernya, yang masih tetap berlangsung yang tidak lekang oleh jamanya. Kehidupan malam pasar sore saat ini terkenal dengan kulinernya, mulai dari kalangan menengah kebawah sampai kalangan menengah atas masih mengunjungi pasar sore untuk menikmati makan malam. Hanya jejeran warung-warung berbentuk tenda yang masih mempertahankan keberadaan pasar sore, mungkin jika supermarket juga menyediakan makanan tradisional juga maka keberadaan kuliner khas dipasar sore hanya akan tinggal cerita saja.

Disclaimer: Tulisan-tulisan yang ada di blog ini merupakan pendapat pribadi, bukan mewakili lembaga manapun. silahkan mencuplik, mengutip tulisan (opini) yang ada di blog ini tapi sebelumnya harus konfirmasi melalui email : dakelan.tb@gmail.com atau di nomer 081332025450 (WA Only).

Baca Artikel Lainnya: