Skip to main content

follow us

Cara Menggunakan Kartu BPJS Kesehatan untuk Berobat

Selama ini banyak anggapan bahwa berobat dengan menggunakan kartu BPJS terkesan ribet, dan tidak jarang kita temui pengguna kartu BPJS harus ribut dulu dengan petugas di rumah sakit ketika menggunakan kartu BPJS. Salah satu faktor yang banyak terjadi adalah ketidaktahuan pemegang kartu BPJS tentang prosedur penggunaan kartu BPJS ketika akan berobat baik di puskesmas atau di Rumah Sakit.

Bisa Juga waktu pendaftaran awal untuk mendapatkan kartu BPJS, banyak yang tidak menggali informasi secara lebih detail kepada petugas layanan di BPJS, terutama soal manfaat, dan tata cara penggunaan yang benar kartu BPJS sehingga pada waktu menggunakan banyak prosedur dan syarat yang tidak terpenuhi. Padahal kalau kita mau bertanya lebih mendalam, banyak informasi yang kita dapatkan dan akan sangat bermanfaat buat ketika menggunakan kartu BPJS.

Pengalaman saya pribadi pada saat menggunakan kartu BPJS untuk berobat, waktu itu saya menggunakan kartu BPJS untuk operasi cesar istri saya dan saya menggunakan dua kali. Asal syarat dan prosedur kita penuhi, tidak masalah dan saya dan istri saya tetap terlayani dengan baik.

Yang perlu kita ketahui, sistem berobat BPJS adalah rujukan berjenjang, sistem ini mungkin sangat asing bagi pengguna asuransi swasta, karena harus melewati tahapan dari fasilitas kesehatan pertama sampai tahap rumah sakit dan juga bisa langsung rumah sakit dengan kategori jika darurat. Kartu BPJS bisa digunakan atau anda terima sejak 14 hari sejak kita medaftar (mungkin bisa berubah) baru bisa kita pakai untuk berobat.

Cara berobat dengan menggunakan kartu BPJS adalah sebagai berikut :
  1. Jika anda darurat seperti kecelakaan, melahirkan, sakit berat seperti jantung dan lain sebagainya anda bisa langsung ke rumah sakit. Catatan kriteria darurat ada seperti mau melahirkan sudah pembukaan 8 dan pada dasarnya darurat yang dimaksud adalah bisa mengancam jiwa peserta BPJS itu sendiri atau menyebabkan cacat.
  2. Jika tidak darurat maka anda harus pergi ke Fasilitas kesehatan tingkat pertama yang sudah anda pilih saat kita mendaftar BPJS kesehatan, misalnya puskesmas, klinik dan dokter pribadi
  3. setelah ke Fasilitas kesehatan tingkat pertama, nantinya dokter atau petugas kesehatan akan menyimpulkan penyakit atau sakit anda perlu tidaknya dirujuk ke Fasilitas kesehatan lanjutan atau rumah sakit, jika perlu maka fasilitas kesehatan pertama akan memberikan surat rujukan.
  4. Lalu datanglah ke rumah sakit rujukan tersebut dengan membawa syarat : kartu BPJS, Foto Copy kartu BPJS, Foto Copy KTP, dab surat rujukan
  5. Jika syarat sudah lengkap masukan ke bagian rumah sakit tersebut, nantinya akan dipproses, apakah bisa berobat menggunakan BPJS atau tidak.
Cukup mudah sebenarnya, kalau kita memahami dengan baik prosedur dan syarat yang harus dipenuhi kalau kita mau menggunakan kartu BPJS. Oleh karena itu, sebagai pengguna kartu BPJS kita memang harus aktif untuk mengupdate informasi supaya kita bisa mendapatkan manfaat dari Kartu BPJS.

Semoga informasi ini bermanfaat, karena sangat disayangkan kita sudah membayar iuran setiap bulan terutama pemegang kartu BPJS mandiri, tetapi karena kekurangan informasi ini kita tidak dapat menggunakan dan mendapatkan manfaat dari Jaminan kesehatan Nasional (JKN) BPJS ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar